Dalam suatu operasi penerbangan di
bandara ataupun di suatu perusahaan penerbangan, banyak hal yang membutuhkan
persiapan dan melibatkan banyak orang dalam mendukung kesiapan penerbangan.
Persiapan tersebut diperlukan guna mendukung lancarnya operasi penerbangan dan
juga sebagai alat control dalam menjamin keselamatan suatu operasi penerbangan.
Persiapan tidak hanya dilakukan oleh awak udara (pilot dan pramugari) melainkan
oleh awak darat juga. Persiapan yang dilakukan oleh awak darat tertuang “garis
besar tata operasi darat” .
Tata Operasi Darat (TOD) atau Ground Handling mencakup antara lain :
Tata Operasi Darat (TOD) atau Ground Handling mencakup antara lain :
- Prosedur keberangkatan dan
kedatangan penumpang
- Prosedur keberangkatan dan
kedatangan cargo/mail
- Prosedur keberangkatan dan
kedatangan pesawat udara
- Lay out sebuah airport
- Membaca ABC Guide, Time
Table, Travel Information Manual (TIM)
- Cara menghitung flight time
- Cara memeriksa Paspor, Visa,
Health Certificate, Tiket, Fiskal, Airport Tax
- Aircraft and the positioning of
the transportation equipment
- Hal-hal yang berhubungan dengan
pesawat udara :
- Cleaning (membersihkan)
- Catering (penyediaan makanan dan
minuman)
- Fuelling (pengisian bahan bakar)
- Marshalling / parkir (memarkir pesawat)
- Push back (alat pendorong pesawat)
- Maintenance (pemeliharaan)
Prosedur Keberangkatan Penumpang
Yang perlu dipersiapkan petugas sebelum di check-in counter dibuka :
- Passenger manifest
- Boarding Pass
- Baggage claim tag
- Lab tag lainnya seperti :
security tag, priority tag, fragile tag, group tag, name tag, checked
baggage tag.
- Excess baggage ticket
- Seat allocation, khusus
pemesanan special seat
- Purser Information
- Form Passenger Baggage Weight
Sheet (PBWS)
- Form Passenger Transfer Message
(PTM)
- Form Baggage Allowance, serta
cara menghitung excess baggage
Passanger Manifest
- Passenger Name List, dengan
destination (tujuan)-nya
- Special request, seperti seat,
meal, wchc (whellcairs) atau kursi roda.
- Special Information seperti
VIP, UM, INF (Infent)
- Connecting Flight
Boarding Pass
- Flight/Date, Name, Gate, Seat,
Boarding Pass Number, Destination
- Warna dari boarding pass
menunjukkan kelas penerbangan (Merah untuk first class, Biru untuk
business class, Hijau untuk economy class, Kuning untuk infant, Putih
untuk airline staff atau discount ticket)
Baggage Ticket Tag
- Single sector untuk satu
destination, misalnya hanya Medan, atau Surabaya
- Multi sector untuk bagasi yang
melalui beberapa negara transit, misalnya Jakarta menuju Hongkong, harus
melalui Singapore.
- Untuk Airline Staff atau
discount ticket, yang bisa diturunkan di setiap transit station, kalau
tempat duduknya penuh.
- Final Destination
- Rush Tag untuk pengiriman
bagasi yang ketinggalan atau dikirim tanpa name penumpang/pemiliknya.
Label-Label (Tags) Lain yang Perlu
- Security Bag
- Online Baggage tag, direct
journey between two points
- Interline Baggage tag, more
than one carrier
- Cabin baggage tag, unchecked
baggage
- Priority tag : first class, VIP
Passanger
- Checked Baggage Sticker/Label :
untuk kotak-kotak supaya tidak tertukar dengan cargo.
- Name Label
- Fragile and Damage Tag /
Sticker : sticker untuk barang pecah belah
- Unaccompanied Minors (UM)
- Perishable
- Live Animal (AVI)
Excess Baggage Ticket
- Perlu mengetahui cara
menghitung excess baggage, baik menurut weight maupun piece system
- Nomor tiket penumpang,
kelebihan berapa, harga per kilo, per potong, perusahaan penerbangannya,
jumlah yang harus dibayar, tax, total yang harus dibayar, bentuk pembayaran.
Cara
Memeriksa Travel Document
- Tiket : apakah namanya ada di
passenger manifest, class, flight number, carrier, validity, booking
status (OK, RQ, Open)
- Paspor : apakah foto dipaspor
sama dengan orangya dan namanya sama dengan di tiket. Validity dan keadaan
paspor.
- Visa negara asal / tujuan /
transit, apakah ada anggota keluarga yang ikut.
Seat
- Apakah sudah request ?
- Pergi sendiri ataukah dengan
orang lain, UM, WCHC, Mother with infant, stretcher.
- Formulir yang Diperlukan
- PBWS (Passengers and baggage
weight sheet); station, flight, date, version, number of seat, destination
and class, adult, child, baggage.
- PTM (Passenger Transfer
Massage)
- SOM (Seat Occupied Message)
- Special Information Message
seperti VIP, UM, WCHC, VGML, MOML.
- Purser Information
- Untuk special food, UM, VIP
Prosedur
Kedatangan Penumpang
Petugas di
bagian kedatangan pesawat/penumpang haruslah mengetahui jam-jam kedatangan
pesawat (ETA = Estimated Time Arrival), sehingga bisa mempersiapkan diri.
Mereka juga harus mengetahui apakah ada penumpang yang transit, yang ditansfer,
dan yang turun di tujuan akhir. Penumpang yang akan transit akan diberi transit
card. Yang ditransfer atau pindah pesawat akan segera dibantu sehubungan dengan
tempat duduk, bagasi. Dan bagi mereka yang sampai ditujuan akhir, akan
dibimbing ke bagian imigrasi untuk pemeriksaan pasor, visa, lalu ketempat
pengambilan bagasi. Jika ada bagasi yang hilang atau rusak, penumpang
dipersilahkan ke bagian lost & found untuk melaporkan kejadian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar